Kamis, 15 Maret 2012

Modul Access 2007


Fungsi / kegunaan dari aplikasi Microsoft Access 2007


Merupakan salah program pengolah database yang cukup canggih dengan berbagai kemudahan yang ada seperti pengaturan data, pembuatan form, pembuatan laporan, menyaring data dan lain-lain.

Beberapa hal yang berkaitan Microsoft Access 2007

Database

Kumpulan data yang dipakai / ada dalam suatu lingkup tertentu, misalkan instansi, perusahaan dan lain-lain atau kasus tertentu, atau Sebuah data base adalah sekumpulan informasi yang berguna yang disusun secara khusus, misalnya buku telpon
DBMS
Kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk menangani semua pengaksesan ke database. Mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi, dan memelihara database. Bertujuan untuk efisien dan kenyamanan dalam memperoleh dan menyimpan informasi dalam database.
Fungsi-fungsi DBMS :
1.      Data Definition
2.      Data Manipulation
3.      Data Security dan Integrity
4.      Data Recovery dan Concurrency
5.      Data Dictionary
6.      Performance





RDBMS
Merupakan sekumpulan yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambil informasinya bagi pengguna, dan data tersebut saling berhubungan. RDBMS merupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untuk memanipulasi database.
Ada tiga prinsip dalam RDBMS :
Data Definition
Mendefinisikan jenis data yang akan dibuat ( dapat berupa angka / huruf ), cara relasi data, validasi dat dan lainnya.
Data Manipulation
Data yang telah dibuat dan didefinisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan, seperti menyaring data, melakukan prose Query, dan seterusnya.
Data Control
Bagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa saja yang bisa melihat isi data, bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user, dan seterusnya.
Primary Key
Field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, dengan kata lain Primary Key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya ( unik ).
Primary Key berguna saat menampilkan record hasil pencarian ( searching ), pengurutan dan proses penampilan data dan lainnya berlangsung lebih cepat.


Query
Merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database, yang telah distandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query Language ( SQL ).
Query dibedakan menjadi 2, yaitu :
a.      Untuk membuat / mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasi dan sebagainya. Biasanya disebut dengan Data Definition Language ( DDL )
b.      Untuk memanipulasi data, yang biasanya dikenal dengan Data Manipulation Language (DML).
Manipulasi data bisa berupa :
a.      Menambah, mengubah atau menghapus data
b.      Pengambilan Informasi yang diperlukan dari database, yang mana datanya diambil dari tabel maupun Query sebelumnya.
DDL dan DML
a.      DDL
Skema basis data dispesifikasikan oleh sekumpulan definisi dengan sebuah bahasa khusus yang disebut Data Definition Language ( DDL ). Hasil kompilasi DDL berupa tabel-tabel yang disimpan dalam sebuah file, disebut Data Dictionary ( Kamus Data ) atau Data Directory.
b.      DML
Adalah bahasa untuk memanipulasi data yaitu :
-          Pengambilan Informasi yang disimpan dalam Basis Data
-          Penyisipan Informasi baru ke Bata Data
-          Penghapusan Informasi dari Basis Data
-          Modifikasi Informasi ynag disimpan dalam Basis Data
SQL
Structured Query Language adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional. Standar SQL mula-mula didefinisikan oleh ISO ( International Standards Institute ) yang dikenal dengan sebutan SQL86.
Record / Tuple
Sebuah tipe data yang mengumpulkan beberapa item data dimana masing masing tipe data dari item data ini berbeda-beda.
Field
Atribut data yang paling kecil yang merupakan kesatuan terkecil dalam suatu Data Base. Relasi yang memungkinkan antara 2 tabel

Relasi yang memungkinkan antara 2 tabel

Relasi
Model data relasional menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua ( yang biasa disebut relasi atau tabel ) dengan masing-masing tabel tersusun atas sejumlah baris dan kolom. Pada model data relasional, kaitan atau asosiasi antara dua buah tabel disebut hubungan (Relationship). Hubungan dapat berupa :
·         1-1, yakni satu data pada suatu tabel berpasangan dengan hanya satu data pada tabel lain.
·         1-M, yakni satu data pada suatu tabel berpasangan dengan banyak data pada tabel lain.
·         Jenis Relasi yang memungkinkan antara 2 tabel :
Penjelasan :
Relasi yang tersusun menjadi beberapa baris dan kolom, sebagaimana diperlihatkan pada gambar di atas yang membentuk suatu hubungan yang diperlihatkan pada tabel. Secara konsep, setiap tabel harus memiliki kunci primer. Kunci primer dapat tersusun dari sebuah kolom atau beberapa kolom. Kunci berperan sebagai identitas yang unik ( tidak kembar ) untuk masing–masing baris data. Sebagai contoh Driver's Name adalah kunci primer bagi label Owner's Name. Sedangkan Driver's License Number adalah kunci primer bagi Driver's License Number of Driver Cited.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar